Saturday 20 June 2015

Apa Itu Telnet?

Apa Sih Yang Disebut Telnet itu?

Setelah kemarin saya membahas tentang Remote Access, kali ini kita akan membahas tentang salah satu aplikasi yang dipakai dalam salah satu jenis Remote Access mode Teks
 


Pengertian Telnet

Telnet (Telecomunication Network merupakan salah satu protocol jaringan yang digunakan pada jaringan Internet ataupun LAN (Local Area Network) untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal.

Telnet merupakan protocol client-server  yang digunakan untuk Remote Login secara virtual terminal, walaupun saat ini Telnet jarang digunakan karena banyak kekurangan yang dimiliki telnet

Telnet merupakan salah satu aplikasi dari Remote Access berbasis Teks.

Sejarah  Telnet

Protokol ini pertama kali diperkenalkan oleh Postel di tahun 1980. Dalam RFC 764, sebagaimana dituliskan oleh seseorang bernama Postel.

Funsi Telnet


Sebagai Remote Access fungsi Telnet ialah :

  • Untuk mengakses Server dari jarak jauh
  • Untuk mengkonfigurasi server dari jarak jauh
  • Melakukan maintenance server dari jarak jauh
  • Menjalankan program yang terdapat dalam server dari jarak jauh

Program Telnet


Telnet menggunakan 2 program, yaitu adalah client dan server. Yang terjadi adalah ada dua program yang berjalan, yaitu software client yang dijalankan pada komputer yang client dan software server yang dijalankan oleh server.


Tugas dari client

  1. Membuat koneksi network TCP (Transfer Control Protocol) dengan server.
  2. Menerima inputan dari user.
  3. Menformat kembali inputan dari user kemudian mengubah dalam bentuk  format standar dan dikirim ke server.
  4. Menerima output dari server dalam format standard.
  5. Mengubah format output tadi untuk ditampilkan pada layar.

Tugas dari server

  1. Menginformasikan software jaringan bahwa komputer itu siap menerima koneksi.
  2. Menunggu permintaan dalam bentuk format standard.
  3. Melaksanakan permintaan tersebut.
  4. Mengirim kembali hasil ke client dalam bentuk format standard.
  5. Menunggu permintaan selanjutnya.

 

Cara Kerja TELNET

  1. User melalui TELNET yang terdapat pada terminal client membuat koneksi TCP (Transfer Control Protokol) dengan server. Dalam hal ini user harus mangetikkan nama dan kata sandi untuk dapat terhubung pada server.
  2. Kemudian setelah kata sandi telah terbukti, maka server akan menginformasikan software komputer jaringan bahwa komputer server maupun client sudah siap berkoneksi dan user akan diberi sebuah shell prompt.
  3. Dari shell prompt ini seorang user dapat mengetikkan fasilitas atau kegiatan apa saja yang diinginkan. Inputan yang berisi keinginan user ini diubah formatnya menjadi format standar untuk dikirimkan kembali menuju server.
  4. Server akan melaksanakan apa yang telah diminta oleh user pada melalui terminal client.
  5. Terminal client akan merubah outputan dari apa yang telah dikirim oleh server agar dapat dilihat pada layar oleh user.

Kelebihan Telnet

sebagai virtual terminal Telnet seolah olah saat mengeksekusi perintah mirip dengan mengeksekusi langsung pada komputer server. 

Kekurangan Telnet

Kekurangan yang dimiliki Telnet ialah athentication login yang digunakan tidak terenkripsi, sehingga mudah dibobol dan diambil password dari super user / rootnya.

Kesimpulan 

TELNET merupakan salah satu program Remote  Akses yang saat ini jarang digunakan, karena tidak memiliki enkripsi, yang membuatnya mudah untuk dibobol. Sebaiknya mengguanakan Remote Akses yang lebih aman, yaitu SSH.

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. See You

No comments:

Post a Comment