Tuesday 16 June 2015

Macam Macam Sistem Operasi

Yupz,... Halo, Selamat datang di 1Tekadj kali ini mimin akan menjelaskan tentang berbagai macam sistem operasi.


Apa itu Sistem Operasi?

Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi merupakan jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. 

Tanpa sistem operasi, pengguna atau user tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi saat booting.

Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:

  1. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  2. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  3. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya
  4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil  oleh aplikasi lain.
  5. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi

 Macam - Macam Sistem Operasi :

 

  1. Windows



    Sistem operasi Windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corp. Sistem Operasi ini memiliki tampilan antarmuka GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka jenis grafis.

    OS ini sudah banyak digunakan oleh pengguna sejak lama. Pertama kali OS ini tidak bernama windows, melainkan Jenis MS-Dos (Microsoft Disk Operating System), Ms-Dos merupakan OS yang masih berbasis CLI (Command Line Interpreter)/ Teks.

    Kemudian berkembang menjadi windows 1.0 sampai sekarang yang terbaru yaitu windows 8.1 dan sesaat lagi akan rilis windows 10.
  2. Linux



    Sistem Operasi Linux sistem operasi bertipe unix ini merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama (open source). Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

    Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya,yaitu Linus Torvald, Linux diperkenalkan pada tahun 1991. Peralatan sistem dan pustakanya, umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux. Ada beberapa macam Varian Linux, seperti : Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, RedHat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, Ubuntu, dan masih banyak lagi

  3. OS X



    Operating System X, atau yang sebelumnya disebut Mac OS X, adalah versi terbaru dari  Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001 dan populer di kalangan pengguna.

    Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf "X" yang terdengar seperti "eks". Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran "x" (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix).

    OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD, sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.
  4. Android




    Sistem Operasi Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar / Smartphone dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005.

    OS ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008, yang terbaru saat ini adalah Android Lollipop 5.0.
  5. iOS



    iOS (sebelumnya iPhone OS) merupakan sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. OS ini pertama diluncurkan pada tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV.

    Antarmuka pengguna iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung menggunakan gerakan multisentuh / multitouch. Elemen kontrol antarmukanya meliputi switch, slider dan tombol. Interaksi dengan OS ini mencakup gerakan seperti geser, sentuh, jepit, dan jepit buka, masing-masing memiliki arti tersendiri dalam konteks sistem operasi iOS dan antarmuka multisentuhnya. Akselerometer internalnya dipakai oleh sejumlah aplikasi agar bisa merespon terhadap pengguncangan alat (misalnya membatalkan tindakan) atau memutarnya dalam tiga dimensi (misalnya beralih dari mode potret ke lanskap).

    iOS diturunkan dari OS X, yang memiliki fondasi Darwin dan karena itu iOS merupakan sistem operasi Unix. iOS adalah versi bergerak dari sistem operasi OS X yang dipakai di komputer-komputer Apple.
     

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi
http://www.fokusinfo.net/2015/01/pengertian-dan-macam-macam-sistem.html
https://kjgeer.wordpress.com/bengkel-komputer/macam-macam-sistem-operasi-komputer/

Terima Kasih sudah membaca artikel yang mimin share kali ini, tunggu updetan mimin selanjutnya yang berkaitan dengan dunia komputer ^_^

No comments:

Post a Comment