Thursday 18 June 2015

Macam - Macam Sistem Transmisi



Yupz, jumpa lagi dengan mimin.
Terima kasih sudah menyempatkan baca artikel di blog mimin ini, kali ini mimin akan membuat artikel tentang macam - macam sistem transmisi.

Setiap manusia pasti berkomunikasi, baik berkomunikasi langsung maupun tidak langsung,  juga melalui media maupun bertatap muka secara langsung atau face to face. Dari situlah termasuk kedalam sistem transmisi. Langsung saja simak baik-baik.


  1. Simplex Duplex / satu arah


    Simplex adalah komunikasi yang tidak memungkinkan penerima dan pengirim saling bertukar informasi. Pada komunikasi ini sinyal-sinyal dikirim hanya satu arah saja dalam waktu yang bersamaan. Karena melalui satu arah saja, komunikasi ini tidak terjadi secara interaktif, informasi hanya disampaikan melalui satu titik saja. Komunikasi ini juga bisa disebut komunikasi satu arah

    Contoh : saat kita mendengarkan radio atau nonton TV. kita haya biasa mendengarkan dan melihat saja tanpa melakukan komunikasi balik.

     
  2. Half-Duplex /dua arah secara bergantian


    Metode ini memungkinkan komunikasi antara dua belah pihak yaitu pengirim dan penerima dapat saling berbagi informasi dan berkonukasi secara interaktif, tetapi tidak dalam waktu yang bersamaan.

    Contoh : Komunikasi yang digunakan oleh satpam atau walkie talkie
    , HT, sandi sandi dll.
     
  3. Full-Duplex / dua arah secara bersamaan


    Meotde ini memungkinkan komunikasi antar kedua belah pihak dapat saling berbagi informasi dan berkomunikasi secara interaktif dan dalam waktu yang bersamaan.

    Alat komunikasi yang menggunakan metode ini adalah telephone, handphone, dan sebagainya. Umumnya alat yang memanfaatkan metode komunikasi ini menggunakan dua jalur komunikasi.


    Contoh : Saat kita komunikasi dengan telepon atau handphone. kita bisa komunikasi secara bersamaan.



Segitulah penjelasan mimin mengenai macam - macam sistem transmisi.
Terima Kasih
 

No comments:

Post a Comment