Monday 22 June 2015

Apa yang dimaksut Ethernet ?

Apa yang dimaksut Ethernet ?

Hey guys, sahabat ku yang baik hati tentu kita sebagai teknisi komputer jaringan mengerti apa itu Ethernet. dalam kesempatan ini saya akan mengupas apa itu Ethernet ?
      Terimakasih telah mengunjungi  blog ini semoga nanti bisa menambah wawasan anda. Dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang Ethernet.

kategorinya :
1.     Pengertian Ethernet !
2.     Fungsi dari Ethernet !
3.     Sistem kerja Ethernet !
Berikut deretan penjelasnya :

Pengertian Ethernet !
Ethernet adalah suatu protokol LAN yang memungkinkan setiap PC berlomba untuk bisa mengakses Network / jaringan. Sekarang Ethernet menjadi protocol LAN yang paling populer karena relatif mudah dan murah untuk diinstal serta serta mudah di tangan.

                Dulu kala Ethernet di buat oleh Xerok  pada tahun 1976, Ethernet di setujui sebagai salah satu standar industri protocol LAN  pada tahun 1983. Sebuah Network yang menggunakan Ethernet ini sebagai protocol yang sering disebut  




sumber google.com

 Berikut adalah contoh ethernet yang di gunakan dalam  jaringan :


sumber google.com
Fungsi dari Ethernet !
Fungsi dari Ethernet  adalah untuk mengkoneksikan komputer anda ke dalam jaringan melalui media kabel  UTP.
Sistem kerja Ethernet !
berikut cara kerja Ethernet :
1.     Kalau kita menjabarkan,Sebelum mengirim data setiap node melihat apakah network juga sedang sibuk mengirimkan paket data. Jika suatu dari network sibuk maka node akan menunggu sampai  tidak ada lagi  yang akan dikirim oleh network.
2.      Jika suatu network sepi yang berarti tidak ada lagi yang dikirim oleh network, maka terjadi collision.
3.     Jika suatu saat terjadi collision 2 maka node akan mengirimkan sinyal jam ke network.dan semua node akan berhenti. 1 hal yang perlu diingan bahwa jika node jaringan sama-sama mengirim maka akan terjadi suatu tabrakan.
4.     Mengirimmkan paket data dan kembali menunggu.
5.     Kemudian secara random node-node itu kembali Lagi menunggu dan mengirimkan suatu data paket yang mengalami collision dan itu akan dikirimkan kembali pada saat ada kesempatan lagi.


 jika ada  suatu kesalahan kata dalam penulisan , atau kekurangan hal apapun yang tidak di senangi saya minta maaf yang sebesar-besarnya.
sekian terimakasih. 



No comments:

Post a Comment