Tuesday 16 June 2015

Asal Usul Nama Mouse

Hallo bro, waktu blog walking saya menemukan hal yang lumayan menarik bagi saya. ya itu sesuai judulnya Asal Usul nama dari "Mouse".
kadang kita berfikir kenapa sih diberi nama Mouse. Ga diberi nama Toucher atau Douglas sesuai dengan nama penciptanya yang pertama, atau apalah.
Kali ini saya akan bahas kenapa diberi nama Mouse.

http://vist.kharkov.ua/img/57/kompyuternaya-mishka-douglas-carl-engelbart.jpg
source : www.blk-altai.ru
 
Apakah anda kenal dengan kakek diatas? yah itulah orang yang menemukan mouse. nama kakek itu adalah Douglas Carl Engelbart Lumayan susah sih namanya. orang kelahiran Amerika 30 Januari 1925 ini, 20 tahun sebelum Indonesia Merdeka ya lahirnya. menemukan suatu temuan yang menurut saya sangat luar biasa.

Dia Berhasil Menemukan mouse pada tahun 1963. Temuan ini menandakan bahwa akan berkembangnya OS PC yang akan memakai GUI (Grafic User Interface) Semisal windows, Linux versi GUI dan lain lain. coba bayangkan jika kita saat ini bermain PC tidak menggunakan mouse mungkin kita sudah memiliki Jurus Tangan Dewa, karena kita akan hafal Keyboard dan sangat cepat dalam bermain keyboard, kayak di film filmlah.

Orang ini menggunakan imajinasinya dengan sangat baik bro, jadi ide dasar dari mouse yang ia buat itu datang ketika ia duduk dalam konferensi dalam sesi tentang komputer grafis pada tahun 1961. Idenya adalah dengan menggunakan roda-roda kecil yang melintasi meja, satu bergerak horizontal, dan satu bergerak vertikal (koordiant X & Y), masing-masing koordinat mengirim analisa lokasi koordinat ke dalam layar. Alat ini lalu dapat digunakan khalayak umum pada tahun 1968 dan mendapatkan hak paten pada tahun 1970.

Pertama kali mouse yang dia buat yaitu mouse seperti gambar diatas. Mouse tersebut terbuat dari kayu yang berbentuk kotak sebagai chassingnya, dan 2 roda kecio dipasangkan di depan dan disamping mouse tersebut, memiliki satu tombol di samping atas mousenya, juga memiliki kabel yang panjang.

Kakek Engelbart yang dulunya pernah bekerja di Stanford Research Institute. Atasannya pada saat itu bernama Bill English yang membantu Engelbart dalam penelitian membuat Mouse ini melihat bentuk alat ini seperti "Mouse" (TIkus dalam bahasa Indonesia) karena kotak dengan kabel yang panjang seperti tikus maka Bill English menyebutnya dengan "Mouse" (tikus). Dari panggilan iseng itulah menjadi nama dari alat yang sangat popular saat ini.


Setelah dipatenkan tahun 1970 maka banyak perusahaan yang berlomba lomba untuk menyemurnakan fungsi dan bentuk mouse tersebut agar dapat bersaing di pasar internasional.

"Lukiskan masa depan anda dengan imajinasi, bukan dengan sejarah masa lalu"
~ Stephen R. Covey

No comments:

Post a Comment