Wednesday 24 June 2015

Apa Saja Komponen Utama Pembangun Sistem Komputer?

Komponen utama pembangun komputer adalah komponen yang paling diutamakan dalam sebuah komputer, jika salah salah satu komponen tersebut tidak ada maka tidak bisa disebut dalam Komponen Utama Pembangun Komputer. Lalu apa saja komponen utama pada komputer?

Apa Saja Komponen Utama Pembangun Sistem Komputer?
Sistem komputer tidak akan bisa berjalan semestinya jika tidak ada 3 hal utama berikut:

1. Hardware :
Hardware merupakan perangkat keras penunjang pembangunan sistem komputer, hardware dapat dilihat secara fisiknya dan dapat diraba keberadaannya, bila tidak ada perangkat keras dalam sistem komputer, maka komputer tidak dapat dioperasikan. Perangkat keras ini terdiri dari perangkat input/output (keyboard,mouse,monitor, speaker dll), perangkat penyimpanan (harddisk,flashdisk,ram dll) perangkat pemroses(cpu).


2. Software
Software atau perangkat lunak merupakan suatu program dalam komputer yang berupa sekumpulan instruksi-instruksi yang akan dijalankan oleh komputer, software merupakan perangkat lunak yang tidak dapat disentuh maupun dilihat wujud fisiknya. Software tersebutlah yang menjalankan berbagai macam perangkat keras yang ada pada komputer, tanpa adanya software komputer tidak dapat berfungsi layaknya komputer pada umumnya

 3. Brainware
Brainware adalah pelaku, user, atau orang yang berperan untuk mengoperasikan komputer. Tanpa adanya Brainware, komputer pun tidak dapat berjalan atau berfungsi secara semestinya.

image source : google.com

Kesimpulan
Kenapa dibutuhkan Hardware, software, dan Brainware untuk membangun sistem komputer?
Dibutuhkannya 3 hal diatas karena tiga hal tersebut komponen utama dalam terjadinya pembangunan sistem komputer, jika tidak ada salah satu diantara ketiga komponen tersebut maka komputer tidak akan dapat dioperasikan atau berfungsi secara pada umumnya.



Sekian artikel yang mimin buat, jika ada kesalahan harap dimaklumi, karena mimin juga manusia yang tak luput dari dosa ^_^.

No comments:

Post a Comment